Kamis, 15 Desember 2011

RPP IPA


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan                : KTSP
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pendidikan Alam (IPA)
Kelas Semester                      : IV/I
Alokasi waktu                        : 2x35 Menit (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi             : 3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

Kompetensi Dasar                : 3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya


Indikator                                :3.2.1 Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan     Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).

I.                   Tujuan Pembelajaran    
a.       Siswa mampu menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan tumbuhan (herbivora) melalui pengerjaan tugas dengan baik.
b.      Siswa mampu menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan daging (karnivora) melalui pengerjaan tugas dengan baik.
c.       Siswa mampu menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan segala (omnivora) melalui pengerjaan tugas dengan baik.

II.                Materi dan pembelajaran
Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
B.   Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
1.    Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivora)
(a)                                             (b)                                (c)
Gambar 3.6 Hewan-hewan herbivora, yaitu (a) sapi, (b) kuda, dan (c) kambing

Kata herbivora berasal dari bahasa latin, artinya pemaka tumbuhan.
Herbivora adalah hewan yang makanannya berasal dari tumbuhansaja. Hewan pemakan rumput, daun, biji, dan buah dikelompokkan sebagai
herbivora. Sapi, kerbau, kambing, dan gajah merupakan contoh hewan
herbivora. Herbivora pemakan rumput, misalnya kuda, lembu, dan biribiri. Herbivora pemakan daun, misalnya ulat dan jerapah. Herbivora
pemakan biji, misalnya burung merpati dan pipit. Herbivora pemakan
buah, misalnya monyet, kelinci, dan kelelawar.

2.    Hewan Pemakan Daging (Karnivora)
(a)                                            (b)
Gambar 3.7 Hewan-hewan karnivora, yaitu (a) elang dan (b) harimau

Karnivora adalah hewan yang makanannya adalah dari hewan lain. Hewan pemangsa hewan lain disebut dengan predator. Oleh karena itu, karnivora sering disebut predator. Contoh hewan karnivora adalah kucing, harimau, serigala, dan buaya. Burung elang juga termasuk karnivora.









3.    Hewan Pemakan Tumbuhan dan hewan lain (omnivora)
(a)                                (b)
Gambar 3.8 Hewan-hewan omnivora (a) bebek dan (b) ayam

Selain herbivora dan karnivora, ada juga omnivora. Hewan ini memakan tumbuhan dan daging. Contoh omnivora adalah beruang, burung jalak, burung kutilang. Ayam, angsa, dan musang juga merupakan omnivora. Beruang adalah omnivora. Selain memakan ikan, beruang juga memakan buah-buahan. Ada juga beruang yang menyukai madu. Oleh karena itu, disebut beruang madu. Contoh omnivora lainnya adalah burung jalak. Selain memakan ulat dan semut, jalak juga memakan buah-buahan.

III.           Metode Pembelajaran
-          Tanya jawab
-          Ceramah
-          Diskusi
-          Demonstrasi
-          Pemberian tugas

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
a.       Guru memeriksa kehadiran siswa dengan memanggil nama-nama siswa satu persatu sesuai dengan urutan absen.
b.      Guru mengajak siswa mengucapkan dengan serentak dan penuh semangat “Saya Cinta IPA, Yess!!Yess!!Yess!!”.
c.       Guru memeriksa kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas.
d.      Guru membacakan tujuan pembelajaran.
e.       Guru memberikan apersepsi: yaitu guru menanyakan jenis-jenis makanan hewan.
f.       Guru membagi siwa menjadi 7 kelompok.
Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan pengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
b.      Guru melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai contoh hewan karnivora omnivora dan herbivora.
c.       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal yang belum dimengerti.
d.      Guru meminta siswa untuk melakukan kegiatan 3.2. Yaitu siswa  pada setiap kelompok memasangkan gambar-gambar hewan (herbivore, karnivora, dan omnivore) dengan makanannya di kertas gambar.
e.       Guru meminta siswa perwakilan setiap kelompok untuk membacakan hasil pengerjaan tugas.
f.       Guru meminta siswa pada kelompok lain menanggapi hasil pengerjaan tugas yang dibacakan.
g.      Guru meminta siswa pada setiap kelompok melakukan kegiatan 3.3. Yaitu memecahkan suatu masalah yang diberikan guru.
h.      Guru meminta siswa perwakilan setiap kelompok membacakan hasil pengerjaan tugas.
i.        Guru meminta siswa pada kelompok lain menanggapi hasil pengerjaan tugas yang dibacakan.
j.        Guru menugaskan masing-masing siswa mengerjakan soal-soal .
k.      Guru meminta beberapa siswa untuk membacakan hasil pengerjaan tugas.
l.        Guru meminta siswa lain menanggapi hasil pengerjaan tugas yang dibacakan.
m.    Guru meminta siswa untuk mengumpulkan hasil pengerjaan soal-soal.

Kegiatan Akhir
1.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
2.      Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.
3.      Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan PR pada halaman 47.
4.      Guru menginformasikan materi pelajaran yang akan diberikan minggu depan yaitu mengenai daur hidup hewan.
5.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

V.                Alat dan Sumber belajar              
Sumber Belajar      :
-          Buku SAINS SD/MI Kelas 4 , penerbit BSE
Alat Peraga           :
-          Gambar hewan omnivora, karnivora dan herbivora yang ditempelkan pada stik eskrim.
-          Gambar tumbuhan dan hewan yang ditempelkan pada stik eskrim
-          Gambar hewan omnivora, karnivora dan herbivore.
-          Gambar tumbuhan dan hewan.

VI.             Evaluasi
Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini pada buku tugasmu.
A.    Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1.    Hewan pemakan tumbuhan dan daging disebut . . . .
a.    omnivora                                           c. predator
b.    herbivora                                           d. karnivora

2.    Manusia termasuk kelompok . . . .
a.    predator                                             c. omnivora
b.    herbivora                                           d. karnivora

3.    Hewan pemakan tumbuhan disebut . . . .
a.    Herbivore                                           c.predator
b.    Karnivora                                           d. omnivore

4.    Jenis burung yang termasuk kelompok karnivora adalah . . . .
a.    Pipit                                                    c. kakaktua
b.    Perkutut                                             d. elang

5.    Di bawah ini yang tidak termasuk kelompok hewan omnivora adalah . . . .
a.    Musang                                             c. sapi
b.    Beruang                                            d. burung kutilang

6.    Pernyataan di bawah ini yang tidak benar adalah . . . .
a.    manusia termasuk kelompok omnivore
b.    kerbau termasuk kelompok karnivora
c.    burung jalak termasuk kelompok omnivore
d.    kambing termasuk kelompok herbivore
7.    Kelinci  digolongkan sebagai . . . .
a.    Herbivora
b.    Omnivora
c.    Karnivora
d.    Segalanya

8.    Hewan pada gambar di bawah termasuk kelompok hewan . . . .
a.    Herbivora
b.    Omnivora
c.    Karnivora
d.    Segalanya

9.    Serigala termasuk kelompok hewan….
a.    Herbivora
b.    Omnivora
c.    Karnivora
d.    Segalanya

10.  Singa termasuk kelompok hewan …
a.    Herbivora
b.    Omnivora
c.    Karnivora
d.    Segalanya


B. Mari mengisi titik titik di bawah ini dengan benar.

1.    Hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain disebut . . . .
2.    Hewan pada gambar di bawah termasuk kelompok hewan . . .
3.    Burung bangau termasuk jenis hewan . . . .
4.    Karnivora memiliki kuku yang kokoh dan tajam yang berguna untuk . . . .
5.    Kelelawar termasuk kelompok hewan . . . .



Kunci Jawaban

Pilihan Berganda

1.    A
2.    C
3.    A
4.    D
5.    C
6.    B
7.    A
8.    A
9.    C
10. C


Isian
1.    Omnivora
2.    Karninora
3.    Karnivora
4.    Menerkam
5.    Herbivora


VII.         Penilaian
a.    Nilai Tes Tertulis
Pilihan Berganda

Nilai =

Isian

Nilai = Jumlah Benar x 10

Nilai total =
b.    Penilaian Sikap

No.
Nama
Perilaku
Kerja Sama
Berinisiatif
Penuh Perhatian
Aktif
Nilai
Ket.
1.
Andi






2.
Beni






3.
Cinta






4.
Deni






5.
Enda






6.
Fina







               Ket:
                       
                        Sangat Baik = A                               Cukup = C
                        Baik             = B                                 kurang Baik= D
LEMBAR KERJA SISWA

Kegiatan I
Gambar hewan karnivora
                       
          

Gambar hewan herbivore
                        
        

Gambar hewan omnivore
     
Gambar Tumbuhan
                 

         



Cara Kerja:
1.      Pasangkan gambar-gambar hewan dengan makanannya. Tempelkan gambar-gambar di kertas gambar.
2.      Tuliskan keterangan gambar agar orang lain melihatnya dapat memahami gambarmu.

Pertanyaan :
1.      Adakah herbivore yang berbeda yang memakan jenis makanan yang sama?
2.      Adakah karnivore yang berbeda yang memakan jenis makanan yang sama?
3.      Adakah omnivore yang berbeda yang memakan jenis makanan yang sama?




Kegiatan II.
Perhatikan tiga kelompok hewan di bawah. Setiap kelompok tinggal dalm satu kandang besar.
Sapi
Kerbau
Kuda
 
Kucing
Kelinci
Ayam

 
Kambing
Sapi
Banteng
 
 





(a)                                            (b)                                            (c)
Berdasarka pengamatanmu, kelompok hewan manakah yang seharusnya tidak dimasukkan dalam sattu kandang? Apa alasanmu?
Jawaban : …………………………………………………………………………
                ………………………………………………………………………….